Tracer Study Prodi D3 Agribsinis Tahun 2017, 2018, dan 2019
Waktu Tunggu
Hasil tracer study yang dilakukan oleh Program Studi Diploma Tiga Agribisnis sebanyak 94 lulusan dari 120 mahasiswa yang lulus pada tahun 2017-2019 atau sebesar 78,33% lulusan. Lulusan tersebut memiliki masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan sebanyak 71,28% dengan masa tunggu < 3 bulan; 19,15% dengan masa tunggu 3 bulan ≤ WT ≤ 6 bulan dan 9,57% dengan masa tunggu > 6 bulan. Sebagian besar masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan hasil tracer study yaitu kurang dari 3 bulan.
Kesesuaian Bidang Kerja Lulusan
Kesesuaian bidang kerja lulusan merupakan salah satu indikator keberhasilan program studi. Keberhasilan lulusan dalam berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan kompetensi lulusan mencapai 100% dari 78,33% lulusan yang terlacak. Lulusan yang terlacak bekerja pada instansi pemerintah dan perusahaan berskala nasional seperti Dinas Pertanian, Kementerian Pertanian, Balai Benih, Balai Penyuluh Pertanian, Perusahaan Swasta di Bidang Agribisnis, Perusahaan Finance dan Wirausaha.
Tempat Kerja Lulusan
Jumlah lulusan yang terlacak telah bekerja semua di Instansi Pemerintah, Swasta, maupun wirausaha. Hasil Survey menyatakan bahwa 85 orang lulusan atau 90,42% lulusan bekerja di Perusahaan atau Instansi Nasional/Wirausaha Berizin dan sebanyak 9 orang atau 9,58% lulusan bekerja di perusahaan Multinasional/ Internasional.
Kepuasan Pengguna
Kinerja lulusan dinilai dari tracer study pihak pengguna lulusan. Pengguna lulusan ini akan melihat dari beberapa aspek:
- Etika lulusan sebanyak 50,67% sangat baik dan 49,33% baik
- Keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama) sebanyak 53,33% sangat baik dan 46,67% baik
- Kemampuan Berbahasa Asing sebanyak 40% sangat baik; dan 60% baik
- Penggunaan Teknologi Informasi sebanyak 54,67% sangat baik dan 45,33% baik
- Kemampuan berkomunikasi sebanyak 44% menjawab sangat baik dan 56% baik
- Kerjasama Tim sebanyak 58,67% menjawab sangat baik dan 41,33% baik
- Pengembangan Diri sebanyak 54,67% sangat baik dan 41,33% baik
Berdasarkan pada 7 aspek penilaian diatas dapat disimpulkan bahwa pengguna lulusan menilai kinerja lulusan dengan hasil: sangat baik sebanyak 50,86%, baik sebanyak 49,14%, sedangkan cukup dan kurang tidak ada (0%)
Kepuasan Pemangku Kepentingan
Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Program Studi Diploma Tiga Agribisnis UNSOED sesuai dengan atribut berikut ini:
Atribut | Sangat Setuju (4) | Setuju (3) | Kurang Setuju (2) | Tidak Setuju (1) |
Saya puas terhadap beban kerja yang diberikan sudah sesuai dengan tupoksi | ||||
Hubungan kerja sangat baik dari pimpinan sampai bawahan | ||||
Kecukupan pelatihan di bidang manajemen, adminisrasi, dan pengembangan program studi | ||||
Adanya penghargaan terhadap kinerja Dosen dan Tenaga Kependidikan | ||||
Adanya kesempatan yang sama dalam program penguatan kemampuan bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan |
Kepuasan Mitra Program Studi Diploma Tiga Agribisnis UNSOED sesuai dengan atribut berikut ini:
Atribut | Sangat Setuju (4) | Setuju (3) | Kurang Setuju (2) | Tidak Setuju (1) |
Kegiatan kerjasama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi telah berlangsung secara maksimal | ||||
Adanya kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh Program Studi Diploma Tiga Agribisnis Unsoed dalam semua bidang kerjasama | ||||
Adanya kemudahan mendapatkan informasi terhadap kinerja Program Studi Diploma Tiga Agribisnis Unsoed melalui website Jurusan Sosek dan media massa lainnya | ||||
Adanya program penguatan kerjasama dan pengkajian ulang terkait MoU dan MoA setiap tahunnya | ||||
Adanya keterlibatan pengguna eksternal dalam pengambilan kebijakan yang terkait bidang kerjasama |
Kepuasan Mahasiswa dan Alumni Program Studi Diploma Tiga Agribisnis UNSOED sesuai dengan atribut berikut ini:
Atribut | Sangat Setuju (4) | Setuju (3) | Kurang Setuju (2) | Tidak Setuju (1) |
Sistem pelayanan sudah berbasis teknologi dan informasi yang terkini | ||||
Saya puas terhadap layanan yang diberikan oleh Tenaga Kependidikan | ||||
Adanya kepuasan terhadap pengembangan skill mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Agribisnis | ||||
Adanya kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan dari tingkat Program Studi sampai ke Rektorat | ||||
Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam peningkatan skill mahasiswa dan lulusan Program Studi Diploma Tiga Agribisnis |
Hasil Survey Kepuasan Pengguna Hasil pengukuran kepuasan pengguna baik internal (mahasiswa dan alumni, dosen dan tenaga kependidikan) dan eksternal (mitra) telah dilaksanakan secara konsisten, dan ditindaklanjuti secara berkala dan tersistem dengan baik. Hasil kuesioner terssaji dalam tabel di bawah ini:
Hasil Kuesioner Kepuasan Mitra dan Pengguna Eksternal
No | Atribut | Hasil Perolehan |
1 | Kegiatan kerjasama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi telah berlangsung secara maksimal | 71,4% sangat setuju dan 28,6% setuju |
2 | Adanya kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh Prodi Diploma Tiga Agribisnis Unsoed dalam semua bidang kerjasama | 71,4% sangat setuju dan 28,6% setuju |
3 | Adanya kemudahan mendapatkan informasi terhadap kinerja Prodi Diploma Tiga Agribisnis Unsoed melalui website Jurusan Sosek dan media massa lainnya | 71,4% sangat setuju dan 28,6% setuju |
4 | Adanya program penguatan kerjasama dan pengkajian ulang terkait MoU dan MoA setiap tahunnya | 42,9% sangat setuju dan 57,1% setuju |
5 | Adanya keterlibatan pengguna eksternal dalam pengambilan kebijakan yang terkait bidang kerjasama | 28,6% sangat setuju dan 71,4% setuju |
Hasil Kepuasan Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Program Studi Diploma Tiga Agribisnis UNSOED
No | Atribut | Hasil Perolehan |
1 | Saya puas terhadap beban kerja yang diberikan sudah sesuai dengan tupoksi | 66,7% sangat setuju dan 33,3% setuju |
2 | Hubungan kerja sangat baik dari pimpinan sampai bawahan | 75% sangat setuju dan 25% setuju |
3 | Kecukupan pelatihan di bidang manajemen, adminisrasi, dan pengembangan program studi | 25% sangat setuju dan 75% setuju |
4 | Adanya penghargaan terhadap kinerja Dosen dan Tenaga Kependidikan | 58,3% sangat setuju dan 41,7% setuju |
5 | Adanya kesempatan yang sama dalam program penguatan kemampuan bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan | 83,3% sangat setuju dan 16,7% setuju |
Hasil Kepuasan Mahasiswa dan Alumni Program Studi Diploma Tiga Agribisnis UNSOED
No | Atribut | Hasil Perolehan |
1 | Sistem pelayanan sudah berbasis teknologi dan informasi yang terkini | 37,5% sangat setuju dan 62,5% setuju |
2 | Saya puas terhadap layanan yang diberikan oleh Tenaga Kependidikan | 37,5% sangat setuju dan 62,5% setuju |
3 | Adanya kepuasan terhadap pengembangan skill mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Agribisnis | 25% sangat setuju dan 75% setuju |
4 | Adanya kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan dari tingkat Program Studi sampai ke Rektorat | 37,5% sangat setuju dan 62,5% setuju |
5 | Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam peningkatan skill mahasiswa dan lulusan Program Studi Diploma Tiga Agribisnis | 25% sangat setuju dan 75% setuju |